PELANTIKAN BANTARA 2013/2014

Diposting tanggal: 29 Juni 2013, oleh : SMAN 1 Sawahlunto, Kategori: Tanpa Kategori

              
 Pada hari Sabtu, 02 Februari 2013 siswa kelas X melakukan pelantikan Bantara di lingkungan SMAN 1 Sawahlunto. Hal ini bertujuan untuk membentuk kepribadian yang lebih disiplin dan bertanggung jawab. Kegiatan yang dilakukan berupa jelajah kota, ramah tamah, dan renungan suci.

                Rute pada jelajah kota dimulai dari sekolah, menuju pos 1 yang berada di  kaki puncak polan, kemudian menuruni daerah air dingin, lalu ke pos 2 yaitu di salah satu warnet yang ada di daerah Tangsi,  setelah itu beristirahat dan sholat Ashar di mushalla Hajar Aswad, melewati taman kota (lapangan segitiga), Kebun Jati dan sampai SDN 03 Lb. Panjang, setelah itu para anggota pramuka calon Bantara  melanjutkan perjalanan ke pos 3 yang berada di Kelok Tarok. Lalu melewati silo dan pos 4 yang bertempat di di taman kota (lapangan segitiga)  dan terakhir kembali ke sekolah melewati Kelok 15. Di tiap-tiap pos terdapat beberapa pemandu yang akan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pramuka, para calon bantara wajib menjawab pertanyaan itu dengan waktu yang telah di tentukan. Dalam melakukan jelajah kota, siswa wajib memungut sampah yang ditemukan di sepanjang perjalanan. Ini bertujuan agar membentuk pribadi yang peduli akan lingkungan. 

Setelah jelajah kota, para calon anggota Bantara kembali ke sekolah untuk melakukan sholat maghrib berjamaah dan makan malam. Saat makan malam para calon anggota Bantara diajarkan rasa kebersamaan yaitu dengan cara  memutar bekal mereka setelah dua suap dan bersama-sama memakan bekal temannya yang sudah di putar tadi.

Setelah selesai makan dan membersihkan sisa makanan . Mereka pun akan bersiap-siap untuk menjalankan sholat isya berjamaah. Waktu yang diberikan hanya 20 menit, ini dilakukan untuk melatih kedisplinan seorang pramuka agar tepat waktu dalam menjalankan segala aktivitas.

Waktu pun telah berlalu, seluruh pelaksana pelantikan bantara berkumpul dalam satu ruangan serta di hadiri oleh guru-guru Pembina , Para alumni SMA N 1 Sawahlunto dan kakak-kakak dari KWARCAB dan KWARRAN. Dalam acara ini calon anggota Bantara diberikan sosialisai dari para Pembina dan pengenalan dengan kakak-kakak seniornya sebagai wujud menjalin kedekatan antara senior dan adik-adik pada pelaksanaan pelantikan bantara. Pengenalan nya dimulai dari kakak-kakak yang akan dilantik bantara sampai kepada senior yang terdahulu.

Dilanjut ke acara puncak yaitu Jurit. Jurit ini bertujuan untuk melatih mental para calon Bantara agar seseorang Bantara memiliki mental yang kuat. Semua para peserta Bantara berkumpul di lapangan sekolah dan membawa perlengkapan yang telah ditugaskan oleh Dewan Ambalan. Perlengkapan itu seperti nyamuk,katak,kecoa dan lain-lain. Ketika jurit berlangsung, para calon Bantara di tutup matanya dengan  scraft, dan dibawa ke post-post yang telah disediakan.

Di post 1 mengenai keagamaan, di post 2 mengenai Bela Negara dan Kepramukaan, serta di post 3 mengenai pengetahuan umum.

Acara tarakhir berlangsung pukul 01.03,  yaitu renungan susi. Renunungan suci ini bertujuan untuk mengingat-ingat kesalahan yang telah dilakukan dahulu nya, agar kedepan nya bias lebih baik lagi.

 

Dan hari pun semakin pagi, para calon bantara pun beristirahat untuk esok nya pelantikan,pelantikan rencana nya akan berlangsung pukul 07.00 .

Hari Sabtu, 02 Februari 2013,Pukul 07.00, Pelantikan Bantara pun dilaksakanakan

Ismet Wandi dan Mesra Nurfiya selaku Pembina.

Dan Mereka pun resmi jadi Bantara

 

 

 


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini